Link Kedinasan

1 Jul 2013

Pendidikan Kemandirian

Banyak kegiatan belajar yang bisa dilakukan di sekolah. selain pendidikan mata pelajaran tentu ada juga pendidikan yang dipersiapkan sekolah untuk kemandirian siswa. Nah salah satu pembelajaran yang dilakukan di SDN. Karang Anyar 08 Pg adalah cara membuat telur asin.

Dengan bimbingan Ibu Asih, A.Ma.Pd yang merupakan Wali Kelas IA ini telah mengajarkan siswa didiknya untuk membuat telur asin. yang mana cara pembuatannya di dapat langsung dari Narasumber Bapak Sarto, S.Pd. yang memang asli dari Brebes tempat yang kita tahu sebagai basis produksi massal telur asin

Nah sekarang mau tahu bahan dan cara membuatnya kita simak yuk ke TKP.
  1. Batu bata. Bahan ini kita proses dari batu bata merah yang kita hancurkan lalu diayak hingga mendapatkan tekstur yang halus.
  2. Abu gosok.
  3. Garam balok yang juga kita haluskan.
  4. Air secukupnya.
  5. Telur bebek.
Untuk empat butir telur bebek adonan yang kita gunakan yaitu: 2 cangkir tepung batu bata, 1 cangkir abu gosok, 1,5 cangkir garam.
 
 Bu guru mengenalkan satu persatu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat telur asin kepada Siswa. Setelah itu, tepung batu bata, abu gosok, garam disatukan di dalam sebuah wadah, aduk dengan tangan tangan sampai tercampur rata. 
  1. Setelah tercampur rata, masukkan air sedikit demi sedikit hingga tekstur adonan berubah menjadi pasta.
  2. Ambil telur, lalu dibungkus adonan keseluruh permukaan telur hingga semua permukaan telur tertutup oleh semua adonan.
  3. Setelah itu, simpan telur di wadah tertutup dan diamkan hingga seminggu.
 
  Kegiatan ini dilakukan SDN. karang Anyar 08 PG  untuk mendapatkan pendidikan yang tidak hanya monoton formal namun mengajarkan juga pendidikan untuk kemandirian peserta didik guna bekal peserta didik dikemudian hari.

0 komentar :

Posting Komentar