Link Kedinasan

1 Mei 2023

Tips dan trik menghadapi Asesmen Sekolah

 Apa kabar semuanya terutama adik-adik siswa/i, semoga kalian semua sehat selalu dalam lindungan Allah Ta’ala. Aamiin Allahumma Aamiin…

Tidak terasa Asesmen Sekolah sudah di depan mata untuk siswa/i SDN Karang anyar 08 pagi. Asesmen Sekolah akan dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 9 April 2021. Bagaimana persiapan mereka menghadapi Asesmen Sekolah  Tahun Pelajaran 2022/2023 ini. Kemungkinan  mereka sudah melakukan berbagai cara untuk melakukan persiapan dengan belajar melalui Pendidikan Non Formal mengikuti les, bimbel, dan banyak mengerjakan soal-soal latihan ujian seperti tryout serta mencari referensi pembahasan dari soal tersebut. Oleh karena itu mereka harus mempersiapkan diri dengan matang untuk melaksanakan Asesmen Sekolah .

Ada Beberapa Cara Sukses dalam Menghadapi Asesmen Sekolah, antara lain sebagai berikut.

  1. Hadapi Ujian dengan Tenang dengan sikap tenang dan harus di jalani dengan hati yang senang.
  2. Bersikap Proaktif yaitu suatu sikap yang beranggapan bahwa kita yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup, termasuk dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah. Dan harus yakin bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang baik.
  3. Perbanyak baca dan berlatih soal dengan sering kita berlatih maka kita akan terbiasa dan terlatih dalam menghadapi soal ujian.
  4. Berdoa kepada Allah, Mengingat Allah (dengan dzikir) dapat menghilangkan  kecemasan dan ketegangan. Jika ada sesuatu yang terlalu sulit bagi kamu, berdoalah kepada Allah agar diberi kemudahan.
  5. Mencari doa restu dari orang tua, jadikanlah perjuangan menghadapi ujian akhir sekolah ini sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta. Doa restu orang tua sangat diperlukan agar kita diberi kemudahan dan kelancaran.
  6. Percaya pada diri sendiri merupakan salah satu cara suskes dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah tentunya ditunjang bersungguh-sungguh dan pantang menyerah serta menentukan target agar dapat memperkirakan tingkat keberhasilan diri kita sendiri. Jangan lupa berdoa kepada Allah agar agar hasil yang didapat  lebih maksimal.
  7. Berbuat baik kepada guru tentunya sebagai siswa/i kita harus menghargai dan menghormati guru sebagai pengganti orang tua kita selama di sekolah. Insya Allah, berbuat baik kepada guru merupakan salah satu kunci sukses dalam menghadapi ujian akhir sekolah untuk diri kita pribadi agar dipermudah.
  8. Kerjakan lah soal ujian yang kalian tahu jawabannya lebih mudah terlebih dahulu dan tinggalkan sementara pertanyaan di soal ujian yang kalian tidak bisa jawab agar waktunya lebih efisien. Luangkan waktu kalian untuk menjawab soal tidak tergesa-gesa, karena sifat yang tergesa-gesa itu adalah sifat dari setan.
  9. Tanamkan lah dengan sifat jujur, karena sifat jujur itu akan rido'i oleh Allah dan dimudahkan dalam menjawab soal-soal ujian yang rumit.
  10. Pilih tempat yang baik untuk duduk selama ujian, jika kamu bisa. Jaga punggung tetap lurus, dan duduk di kursi dengan cara yang baik dan sehat.

Perlu kita ketahui bahwa yang harus diterapkan dalam kehidupan dimuka bumi ini yaitu Ikhtiar, Doa dan Tawakal. Ikhtiar adalah usaha seorang hamba dalam memperoleh sesuatu yang ingin dicapainya. Do’a adalah meminta kepada Allah SWT agar mendapatkan suatu kebajikan/kebaikan dan terhindar dari suatu keburukan. Tawakal adalah menyerah diri kepada Allah SWT setelah berusaha keras dalam berikhtiar dan bekerja sesuai dengan kemampuan dalam mengikuti sunnah Allah yang Dia tetapkan.

Dalam bentuk dan berbagai usaha tersebut sudah dilakukan agar bisa lulus ujian sekolah untuk mendapatkan nilai memuaskan. Salah satu hal perlu di ingat dan tidak boleh dilupakan begitu saja yaitu Do’a. Kesuksesan itu tidak dapat dicapai dengan usaha sendiri ataupun dengan do’a saja. Karena kedua faktor tersebut harus berjalan seiring dan relatif. Justru usaha itu harus diiringi dengan do’a. Baik itu doa untuk diri sendiri maupun meminta di doakan kepada orang lain. Jadi Ikhtiar, berdoa dan tawakal itu sangatlah penting dalam melakukan aktivitas apapun. Apabila hasil yang didapatkan baik ataupun buruk tetap selalu bersyukur dengan lapang dada dan selalu berserah diri kepada Allah SWT.

0 komentar :

Posting Komentar