Link Kedinasan

30 Apr 2017

Kasus-kasus Penyimpangan Mendidik Pada Usia 0-7 Thn


1. Mengutamakan akademik atau kognitif seperti calistung (baca tulis hitung).
Penggunaan flash card, metode glen doman terbukti tidak berdampak apapun bahkan cenderung menciderai fitrah anak. Pemahaman bahwa lima tahun pertama adalah masa golden age bagi kecerdasan otak dengan alasan akan membentuk sinapsis ternyata tidak bersandar pada landasan ilmiah dan terbukti salah.
2. Menggegas hafalan Al Quran tanpa memandang cara dan kemampuan serta ketertarikan anak anak yang berbeda satu sama lain.
Cara terbaik adalah metode talaqi bukan formal menghafal teks. Diperdengarkan setiap hari (reciting), sudah sangat baik. Dalam pendidikan fitrah, cinta kepada Allah, kepada kebenaran, kepada Islam jauh lebih penting dibangkitkan pada usia ini daripada pengajaran agama.
3. Mengajarkan bahasa kedua sebelum bahasa ibu tuntas.
Anak-anak yang belum tuntas bahasa ibunya jika diajarkan bahasa asing akan mengalami "mental block" yaitu kesulitan mengekspresikan gagasan dan perasaan secara lisan maupun tulisan. Bahasa asing sebaiknya diberikan setidaknya setelah usia 9tahun atau ketika bahasa ibu sudah tuntas dengan indikasi mampu menyampaikan perasaan, gqgasan dengan baik, tepat dan jelas.
4. Mendahulukan mengajarkan syariat dan tata cara ibadah pada usia dini daripada membangkitkan fitrah keimanan atau aqidah (keimanan, kecintaan, keridhoan kepada Allah SWT)
Anak bisa saja tampak hebat beribadah namun belum tentu akan berlanjut sampai dewasa jika fitrah keimanannya tidak dibangkitkan.
5. Membanding-bandingkan anak dengan anak yang lain.
Ini adalah sikap orangtua yang tidak menyadari bahwa setiap anak lahir dalam keadaan fitrah, termasuk keunikan dalam penciptaan. Tidak ada manusia yang sama di muka bumi, setiap anak adalah spesial limited edition.
6. Berkata atau bersikap atau berwajah yang tidak ramah apalagi kasar.
7. Berobsesi menjadikan anak sesuai profesi tertentu tanpa mempertimbangkan keunikan anak.
8. Menitipkan anak dibawah usia aqilbaligh, terutama di bawah usia 7tahun pada oranglain atau lemabaga atau boarding school dengan alasan apapun kecuali wafat atau uzur.
.
Setelah tahu ini, semoga bisa memperbaiki segala kesalahan yang telah diperbuat dan bisa makin mantap melangkah dalam mendidik anak-anak sesuai fitrahnya masing-masing. Aamiin

0 komentar :

Posting Komentar