Link Kedinasan

23 Jan 2018

8 Cara Menyenangkan Mengenalkan Makanan Sehat Kepada Anak

Makanan sehat mengandung gizi yang seimbang yang diperlukan tubuh agar dapat berkembang secara optimal. Di dalamnya terdapat vitamin, karbohidrat, protein, lemak, air dan mineral.
Mengenalkan makanan sehat kepada anak perlu dilakukan sejak dini. Ini penting karena banyak sekali makanan olahan yang dijual bebas disekolah-sekolah dan kurang bisa dipertanggungjawabkan kesehatannya. Apalagi umumnya anak lebih suka membeli jajan di luar dan lebih menyukai makanan olahan yang kita tidak bisa jamin kesehatannya daripada makanan yang Anda buat di rumah.
Namun mengenalkan dan membuat anak-anak menyukai makanan sehat olahan kita sendiri gampang-gampang susah. Agar upaya Anda membuahkan hasil, yuk coba 8 cara menyenangkan menurut Joan Khalaf yang dikutip dari activekids.com berikut:
Pertama, merencanakan menu bersama keluarga. Pilihlah waktu seminggu sekali misalnya untuk merancang menu sehat bersama anak-anak. Anda bisa menanyakan makanan apa yang mereka suka, tawarkan juga ide makanan sehat dari kita kepada anak-anak.
Misalnya: ”Nugget pilihanmu juga enak lho kalau kita masaknya kita campuri wortel dan brokoli.” Atau, ”Jagung dan keju juga enak untuk snack siangmu di sekolah!”
Kedua, tempatkan makanan sehat ke dalam piring atau mangkuk yang bergambar kartun anak-anak. Bisa juga piring-piring warna warni yang disukai anak-anak. Dengan tampilan yang menarik membuat selera makan anakpun meningkat.
Ketiga, biarkan bermain dengan makanan mereka. Misalnya kita ajak anak-anak menghias makanan atau nasi dengan cetakan berbentuk gambar lucu atau macam-macam cetakan bergambar binatang maupun buah-buahan, demikian juga sayur dan lauk pauk-pauknya. Bebaskan anak untuk berkreasi dengan makanannya.
Keempat, sesekali ajaklah anak ke dapur untuk memasak bersama. Anda bisa memasak bersama anak-anak di dapur. Ajak anak terlibat dalam aktivitas memasak. Pilihlah menu menu makanan sehat yang bisa bunda lihat di internet atau buku buku resep masakan.
Kelima, buat kumpulan-kumpulan resep masakan. Anda bisa menyusun kumpulan resep masakan yang ke dalam sebuah album yang dibuat bersama anak-anak. Suatu saat Anda dan anak-anak bisa membuka kembali album tersebut untuk mencari inspirasi menu-menu makanan sehat.
Keenam, selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sebelum makan maupun dalam aktivitas bermain dengan makanan sehat. Dengan cara mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudahnya. Demikian juga peralatan yang dipakai dalam menyiapkan makanan sehat selalu harus dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah kegiatan.
Ketujuh, luangkan waktu untuk bercakap-cakap bersama keluarga. Bercakap-cakap tentang makanan yang dikonsumsi dan semua hal yang Anda tahu tentang makanan sehat yang enak dan mudah didapat agar anak-anak tertarik memakannya.
Kedelapan, biarkan anak-anak belajar berekplorasi dengan sajian makanan sehatnya. Ekplorasi rasa makanan, warna dan tampilan makanan sehat dapat dilihat saat makanan sehat ditampilkan. Anak-anak dapat saling berbagi ide dan pengalaman tentang makanan sehat. Jadilah pendengar yang baik terlebih dahulu dan berikan motivasi agar anak-anak dapat mengedepankan kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat. (Siti Munfarijah – Pegiat Literasi dan Kepala Sekolah di TK Diponegoro 146Purwokerto Barat)
 copas dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

0 komentar :

Posting Komentar